MOTIVASI POSITIF



Motivasi hidup mengajarkan kepada kita untuk selalu berpikir positif. Mengambil hikmah dari setiap kejadian. Sebagaimana kisah orang-orang bijak terdahulu berikut ini yang diceritakan dari generasi ke generasi.

Motivasi Positif adalah proses untuk mencoba mempengaruhi orang lain agar menjalankan sesuatu yang kita inginkan dengan cara memberikan kemungkinan untuk mendapatkan hadiah/imbalan.


Ø      Yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan suasana motivasi positip :
1.                                                                                            
2.                                                                                          1.  Bawahan harus merasa dihargai keberadaannya dan eksistensinya
2.      Seorang Pemimpin harus memiliki sifat-sifat keterbukaan, hangat & ramah
3.      Adanya rasa dan perilaku saling menghormati
4.      Adanya upaya-upaya untuk saling memenuhi harapan masing-masing
5.      Adanya lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan



Ø      Menurut Teory dari Frederick Herzberg, ada 2 factor motivasi :

1.      Hygienic Factor, yaitu factor pendorong kepuasan kerja, tetapi tidak mendorong peningkatan productivitas. Factor-factor tersebut antara lain Kebijaksanaan dan administrasi perusahaan, kondisi kerja fisik, hubungan antar manusia, uang dan status.

2.      Motivational Factor, yaitu Factor Pendorong yang dapat menciptakan perilaku positip timbul dari dalam diri yang berpengaruh. Factor-factor tersebut antara lain prestasi. Pengakuan terhadap prestasi pekerja yang memang berprestasi

0 komentar:

Posting Komentar