MEMBANGUN HUBUNGAN YANG EFEKTIF



Berikut 7 tips yang bisa membantu Anda mewujudkan terjalinnya hubungan yang baik dengan teman sekantor dan atasan agar tercipta kerja sama yang efektif di lingkungan kerja.

1.      Berikan solusi dari masalah. Banyak karyawan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk mengidentifikasi masalah – masalah. Anda bisa datang dengan solusi – solusi yang cemerlang untuk mendapatkan perhatian dan penghargaan dari teman dan atasan.

2.      Jangan pernah menyalahkan orang lain. Hindari sejauh mungkin kecenderungan untuk terlalu mudah menudngkan jari ke arah orang lain, ketika tim kerja di hadapkan pada suatu masalah atau gagal mencapai tujuan. Menyalahkan orang lain hanya menciptakan musuh. Anda perlu sekutu untuk menyelesaikan pekerjaan anda.

3.      Komunikasi verbal dan nonverbal. Bicara keras, berteriak atau bahkan menggentak mungkin cukup efektif membuat suara anda menggema ke seluruh ruangan, sehingga semua teman sekantopr anda mendengar. Tapi, pertanyaannya, pantaskah berteriak – teriak di tempat kerja ? jawabannya tentu saja ‘tidak’, jika menghargai orang lain merupakan nilai yang di junjung tinggi organisasi anda.

4.      Jangan membicarakan kelemahan orang lain. Selalu diskusi kan masalah, pertama kali, dengan orang yang bersangkutan. Membicarakan masalah seseorang dengan orang lain akan membuat anda tidak di percaya oleh teman anda.

5.      Jaga komitmen anda. Dalam sebuah organisasi, setiap pekerjaan saling berkaitan. Kegagalan anda memenuhi deadline dan komitmen pekerjaan anda, akan berpengaruh (pekerjaan) orang lain. Jika anda gagal memenuhi komitmen terhadap pekerjaan anda,  akan berpengaruh pada (pekerjaan) orang lain. Jika anda gagal memenuhi komitmen terhadap pekerjaan anda, pastikan karyawan lain tahu apa yang terjadi.

6.      Berbagilah pujian atas pencampaian, ide dan kontribusi. Seberapa sering anda berhasil menyelesaikan proyek tertentu tanpa bantuan orang lain? Atau, jika anda manager, berapa banyak ide brilian yang anda promosikan merupakan sumbangan dari bawahan? Luangakan waktu dan perhatian khusus untuk mengucapkan terimakasih, bersikap menghargai dan mengakui orang-orang yang membantu anda mencapai tujuan.

7.      Bantu karyawan lain menemukan yang terbaik dari dirinya. Setiap karyawan memiliki bakat, ketrampilan, dan pengalaman. Jika anda bisa membantu orang lain menemukan apa yang terbaik dari dirinya, dan satu sama lain melakukan hal yang sama, bayangkan betapa besar dampaknya bagi kemajuan perusahaan. Dan, anda tidak harus menjadi manager untuk membantu menciptakan lingkungan yang memotifasi karyawan. 

0 komentar:

Posting Komentar