MEMBANGUN CITRA ANDA
Self-Branding itu penting untuk memperkuat reputasi anda
dalam dunia bisnis, dan “menyombongkan diri” (dalam cara yang benar tentunya)
merupakan salah satu alat yang paling kuat untuk menyampaikan pesan anda.
Namun, ketika menyangkut self-promotion, banyak dari kita mengernyit dan
membuat alasan–alasan. Berikut ini adalah tips bagaimana mempromosikan diri
anda tanpa membuat kesan yang buruk pada orang yang anda ajak bicara :
Ø
Tentukan “brand” anda.
Sebelum anda
mempromosikan diri anda, anda harus memastikan anda sudah membangun citra yang
jelas dan konsisten pada pikiran setiap orang ketika mereka memikirkan tentang
anda. Buat daftar nilai inti anda, bakat kunci, dan sifat-sifat yang baik. Cari
tahu di mana jarak antara bagaimana orang menganggap anda dan bagaimana anda
ingin dianggap, dan kemudian anda akan tahu bidang mana yang harus anda
tingkatkan.
Ø
Ciptakan pengenalan “brand” dengan membawa diri
anda kedunia luar.
Kenali tokoh-tokoh kunci
yang harus mengenal anda dengan baik dan undang mereka untuk minum kopi. Juga,
perkuat relasi yang ada dengan para rekan, cari saran untuk bisa bertemu dengan
orang-orang dari departement yang berbeda, perkenalkan diri anda dengan
kalangan yang lebih tinggi, berikan nasehat pada junior, dan libatkan diri anda
pada konferensi yang berhubungan dengan industri.
Ø
Pelajari bagaimana cara menyombongkan diri tanpa
terkesan benar-benar sombong dengan mengubah pencapaian anda menjadi sebuah
cerita.
Hindari pernyataan
“saya”, berbicara nonstop, mencuri pujian, menjatuhkan nama, dan
melebih-lebihkan. Sebaliknya, jalin bersamaan beberapa informasi yang
mengesankan (klien yang pernah bekerja sama dengan anda, berapa lama anda sudah
terjun di industri tersebut, proyek yang baru-baru ini anda selesaikan) menjadi
cerita percakapan yang menghibur. Miliki “sentuhan kesombongan” yang bisa serta
merta anda rangkai menjadi anekdot yang relevan.
Ø
Jangan simpan “kelebihan anda” untuk penilaian
kinerja anda.
Buka Word document dan
buat “kantung kesombongan” sebuah tab berjalan yang menyimpan semua info
tentang hal terbaik dari diri anda. Spesifikkan dengan detil yang berwarna
mengenai siapa anda secara profesional dan pribadi, termasuk pencapaian,
kecintaan dan minat. Daftar anda harus di perbaharui paling tidak setiap minggu
untuk melihat perubahan keadaan yang pernah ada. Latihanlah menarik dari
“kantung kesombongan” pada situasi yang berbeda. Ukur keberhasilan anda dalam
hasil yang nyata, seperti menerima follow up dari kontak yang baru, mendapatkan
feedback yang positif dari atasan, atau mendapat proyek besar.
0 komentar:
Posting Komentar