MEMBANGUN CITRA ANDA



Self-Branding itu penting untuk memperkuat reputasi anda dalam dunia bisnis, dan “menyombongkan diri” (dalam cara yang benar tentunya) merupakan salah satu alat yang paling kuat untuk menyampaikan pesan anda. Namun, ketika menyangkut self-promotion, banyak dari kita mengernyit dan membuat alasan–alasan. Berikut ini adalah tips bagaimana mempromosikan diri anda tanpa membuat kesan yang buruk pada orang yang anda ajak bicara :

Ø        Tentukan “brand” anda.
Sebelum anda mempromosikan diri anda, anda harus memastikan anda sudah membangun citra yang jelas dan konsisten pada pikiran setiap orang ketika mereka memikirkan tentang anda. Buat daftar nilai inti anda, bakat kunci, dan sifat-sifat yang baik. Cari tahu di mana jarak antara bagaimana orang menganggap anda dan bagaimana anda ingin dianggap, dan kemudian anda akan tahu bidang mana yang harus anda tingkatkan.

Ø        Ciptakan pengenalan “brand” dengan membawa diri anda kedunia luar.
Kenali tokoh-tokoh kunci yang harus mengenal anda dengan baik dan undang mereka untuk minum kopi. Juga, perkuat relasi yang ada dengan para rekan, cari saran untuk bisa bertemu dengan orang-orang dari departement yang berbeda, perkenalkan diri anda dengan kalangan yang lebih tinggi, berikan nasehat pada junior, dan libatkan diri anda pada konferensi yang berhubungan dengan industri.

Ø        Pelajari bagaimana cara menyombongkan diri tanpa terkesan benar-benar sombong dengan mengubah pencapaian anda menjadi sebuah cerita.
Hindari pernyataan “saya”, berbicara nonstop, mencuri pujian, menjatuhkan nama, dan melebih-lebihkan. Sebaliknya, jalin bersamaan beberapa informasi yang mengesankan (klien yang pernah bekerja sama dengan anda, berapa lama anda sudah terjun di industri tersebut, proyek yang baru-baru ini anda selesaikan) menjadi cerita percakapan yang menghibur. Miliki “sentuhan kesombongan” yang bisa serta merta anda rangkai menjadi anekdot yang relevan.

Ø        Jangan simpan “kelebihan anda” untuk penilaian kinerja anda.
Buka Word document dan buat “kantung kesombongan” sebuah tab berjalan yang menyimpan semua info tentang hal terbaik dari diri anda. Spesifikkan dengan detil yang berwarna mengenai siapa anda secara profesional dan pribadi, termasuk pencapaian, kecintaan dan minat. Daftar anda harus di perbaharui paling tidak setiap minggu untuk melihat perubahan keadaan yang pernah ada. Latihanlah menarik dari “kantung kesombongan” pada situasi yang berbeda. Ukur keberhasilan anda dalam hasil yang nyata, seperti menerima follow up dari kontak yang baru, mendapatkan feedback yang positif dari atasan, atau mendapat proyek besar.

0 komentar:

Posting Komentar